ASSALAMU'ALAIKUM WR. SELAMAT DATANG DI BLOG WINNER1COMMUNITY

Selasa, 29 Januari 2013

Sinergi Pengobatan Timur dan Barat



Pada saat ketika pengobatan modern sedang menderita serangan hebat karena dituduh sebagai penyebab utama membumbungnya biaya pengobaan dan ketakberdayaan dalam melawan aids ditambah timbulnya strain-strain baru dari tuberkolosis dan malaria, maka masyarakat dunia semakin berpaling pada pengobatan tradisional.  Kesuksesan awal pengobatan herbal Cina dalam memerangi penyakit Aids adalah digunakannya trichosanthin.  Meskipun trichosanthin diperoleh dari resep primitif,  keberhasilan penggunaannya dalam pengobatan Aids berlandaskan hasil percobaan klinis ilmu kontemporer.

  Hal  ini merupakan bentuk sinergi baru yang paling penting antara pengobatan modern dan tradisional, blending antara kebudayaan Barat dan Asia.  Hal ini merupakan bentuk Partnership yang baru, dimana sebagian besar masyarakat percaya akan pengobatan tradisional dan hal itu mungkin menjadi paradigma baru pengobatan global dan pelayanan kesehatan di generasi mendatang.


Kemudahan dan keuntungan dari partnership dan synergisme itu terjadi karena dunia Barat dapat menawarkan ilmu pengetahuan (sains) penyembuhan, expertis diagnose dan kecangggihan peralatan, serta obat-obatan synthetic yang kuat, disamping itu mampu memberikan pengertian dasar nengenai struktur molekuler.  Sedangkan Asia dapat menawarkan suatu seni penyembuhan,anaesthesia acupuncture, serta pengalaman berbad-abad mengenai pengobatan herbal dan bentuk pengobatan tradisional yang menggunakan pendekatan ketergantungan mind and body yang bersifat holistic.

Masalah yang dihadapi obat tradisional terletak pada adanya potensi ketidakpastian.  Perbedaan musim dan kondisi udara dan lahan kadang-kadang meproduksi tanaman yang nampaknya mirip tetapi memiliki sifat kimia yang berbeda.  Hal ini biasanya hanya dapat diketahui oleh orang-orang yang memanen, tetapi tidak selalu.  Hal itu ditambah kenyataan bahwa setiap manusia itu memiliki bioritmik yang berbeda responnya terhadap pengobatan.

Disamping itu campuran  herbal lebih kompleks lagi karena banyak diantaranya mengandung ratusan senyawa aktif.  Senyawa murni yang berhasil diisolasi kadang-kadang memiliki daya pengobatan jauh lebih rendah disbanding campuran kasarnya.

Sumber :
-          Makalah : Nutrisi dan khasiat Jamur Pangan oleh Prof.Dr.F.G. Winarno Msc. Phd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar