ASSALAMU'ALAIKUM WR. SELAMAT DATANG DI BLOG WINNER1COMMUNITY

Jumat, 15 Februari 2013

Kisah Rajawali


Ada sebuah kisah, suatu ketika ada seorang suku Indian mengambil sebutir telur rajawali dari sarangnya  Kemudian telur rajawali itu diletakkan bercampur dengan telur-telur ayam yang sedang dierami.  Hingga singkat cerita, menetaslah  telur rajawali itu bersamaan dengan telur ayam lainnya.

Pada suatu hari, si anak rajawali yang hidup bersama dengan anak-anak ayam itu sedang asyik mencari makan tidak jauh dari kandangnya.  Tiba-tiba, 1a melihat seekor burung rajawali yang nampak terbang tinggi di langit dengan gerakan indah, santai dan bebasnya. 

Karena pada dasarnya ia adalah anak seekor burung rajawali, maka pandangan matanya pun tentu lebih tajam daripada ayam, sehingga saat anak ayam lainnya sudah mencapai titik batas penglihatan, ia masih mampu melihat bagaimana indahnya gerakan terbang melayang si burung rajawali.


Ketika anak ayam yang lain melihat apa yang sedang dilakukan si anak rajawali, langsung saja si anak rajawali itu ditegur oleh ayam-ayam lainnya. “Hei, kamu jadi ayam tidak usah macam-macam… Nikmati saja hidupmu sebagai ayam!”

Mendengar itu, ia langsung sadar diri, bahwa dia hanyalah adalah seekor “ayam” yang hidupnya dengan berjalan kaki, walaupun sesekali terbang, itupun tidaklah bisa mencapai jarak yang jauh.  Tidak mungkin ia dapat terbang seperti layaknya burung rajawali.

Keesokan harinya, ia kembali melihat burung rajawali yang sama, terbang dengan gerakan-gerakan indah dan bebas jauh di langit di atas mereka.   Saking takjubnya, ia pun tanpa sadar berkata, “Betapa bebasnya mahluk itu, kemanapun tempat yang diinginkan dapat dicapai hanya dengan terbang,..  Aku ingin menjadi burung rajawali.  Seandainya saja aku bisa seperti burung itu, pastilah aku bisa melihat apa-apa yang tidak bisa aku lihat, aku bisa pergi ketempat yang jauh tanpa perlu berjalan, terbang bebas diangkasa….”

Tiba-tiba, anak-anak ayam lainnya tertawa mendengar apa yang secara tidak sadar diucapkan oleh si anak rajawali.  “Kamu ga sadar, yah?  Kamu itu adalah seekor ayam..  Janganlah bermimpi tentang apa yang tidak mungkin bisa kamu lakukan!  Lebih baik hiduplah apa adanya sebagai ayam, karena kamu adalah seekor ayam!!”

Demikianlah yang terjadi pada anak rajawali itu.  Setiap ia mempunyai keinginan menjadi seperti seekor rajawali, selalu saja ditekan oleh “saudara-saudara”nya.  Lama kelamaan, tekanan ayam-ayam itu membuatnya kehilangan apa yang seharusnya bisa ia lakukan.  Ia tidak pernah berani mencoba untuk mengepakkan sayapnya lebih lebar.  Ia benar-benar merasa sebagai seekor anak ayam. 

Ya, anak rajawali yang makan sebagai anak ayam, berjalan sebagai anak ayam, tidur sebagai anak ayam, dan akhirnya ia pun mati sebagai seekor anak ayam, padahal ia adalah seekor anak rajawali.

Sahabatku sekalian. setiap kita sebenarnya mempunyai potensi untuk menjadi apa yang kita inginkan, menjadi apa yang kita impikan, dan menjadi apapun yang sebenarnya juga mampu untuk kita wujudkan.  Tetapi terkadang, kondisi sekeliling kita membuat kita kerdil sehingga melenyapkan mimpi-mimpi kita, apa yang melekat pada kita membuat kita terikat, sehingga mimpi kita hanya “terpaku” pada gelar pendidikan kita, doktrin yang kita terima membuat kita seperti seekor katak dalam tempurung sehingga  mematikan kreativitas kita.  

Itu semua membuat kita tidak berani bermimpi, memilih dan mencoba untuk bertindak.  Seperti anak ayam, padahal kita adalah RAJAWALI.

*****

Sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan bagi siapa saja, dengan modal sangat-sangat ringan, silahkan klik di sini.


1 komentar: